ILMU HADIST (ULUMUL HADIS)







memahami hadist melalui satu metode ulumul hadis. ulumul hadis ulumul hadis adalah salah satu bidang studi atau mata kuliah yang sangat penting bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin mempelajari hadist dan keislaman secara mendalam, baik pesantren madrasah tsanawiah, maupun perguruan tinggi.

Ulumul hadis adalah salah satu bidang studi atau mata kuliah yang sangat penting bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin mempelajari hadis  dan keislaman secara mendalam, baik di Pesantren, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, maupun di Perguruan Tinggi.

Hadis adalah segala perkataan, perbuatan, dan persetujuan Nabi yang dijadikan dasar hukum Islam setelah Alquran. Sedangkan ulumul hadis adalah ilmu yang mengantar umat Islam untuk memahami kajian hadis dengan mudah dan benar. 

Artinya, seseorang tidak akan mampu memahami hadis dan permasalahannya secara benar tanpa mengetahui ulumul hadis terlebih dahulu. Ibarat seseorang tidak akan dapat sampai ke loteng dengan aman tanpa melalui tangga. Tangga inilah yang disebut ulumul hadis untuk sampai kepada pemahaman hadis.


 Di Perguruan Tinggi, ulumul hadis atau ilmu hadis ini menjadi komponen Mata Kuliah Dasar Khusus pada program studi tertentu atau komponen Mata Kuliah Dasar Umum pada program studi tertentu pula. Singkatnya ulumul hadis diajarkan di semua fakultas, jurusarn, dan di program studi di lingkungan UIN, IAIN, STAIN, dan Perguruan Tinggi swasta di bawah lingkungan Kopertais mulai dari jenjang S1, S2, dan S3.

beruntunglah anda yang ingin memahami hadist web ini ditulis dengan Pembahasan yang sangat detail, terpernci dan menyeluruh, yaitu meliputi hadis dan hubungannya dengan Alquran, kehujahan hadis menolak pengingkarannya, sejarah perkembangan penulisan dan pengodifikasian hadis, sejarah ilmu hadis, istilah-istilah yang berlaku dalam ilmu hadis dan takhrij hadis. 

Demikian juga dalam web ini membahas macam-macam hadis dari berbagai tinjauan, di antaranya dilihat dari kuantitas periwayat, dilihat dari kualitas sanad dan matan, dilihat dari segi sumber berita, dilihat dari persambungan sanad, dilihat dari sifat periwayat, dan lain-lain. Pada bab terakhir diperkenalkan pula biografi singkat beberapa periwayat hadis.


maka dari itu saya akan membagi ilmu saya yang sedikit ini kepada teman -teman semoga apa yang saya ketahui ini bermanfaat dan menjadi ilmu zariyah selama teman -teman mengamalkan apa yang saya tulis di web ini. maka dari itu materi yang akan saya tulis ini akan terdiri dari beberapa bab, mohon maaf jika ilmu saya terbatas dan tidak dapat menjawab pertanyaan -pertanyaan dari teman -teman.


bab 1 pengertian hadist secara lengkap. klik disini


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ILMU HADIST (ULUMUL HADIS)"

Posting Komentar

beginilah islam dalam memandang hukum karma

bagaimana sudut pandang mengenai hukum Karma dalam kacamata islam Di indonesia ini memang Kita itu sama –sama mengenal istilah hukum karma. ...